Senin 13 Mei 2019 bertepatan dengan bulan suci Ramadhan sehingga secara total mayoritas muslim berpuasa, SMK Negeri 1 Sumberasih melangsungkan prosesi upacara purna siswa atau wisuda peserta didik kelas XII tahun ajaran 2018/2019.

181 siswa diwisuda dengan nuansa hikmat dan haru. Mengusung tema “Mengukir Kenangan Menggapai Harapan”, wisuda tahun ini mencoba menggali kenangan para peserta didik dalam menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Sumberasih selama tiga tahun ini serta menyiapkan diri menyongsong masa depan yang lebih baik lagi. Menyongsong masa depan sesuai dengan harapan dari masing-masing pribadi, tentunya harapan untuk memperoleh hidup yang bermakna atau berbarokah. Hal tersebut tertuang dalam sambutan yang disampaikan oleh Bpk. Drs. Heri Susanto, M.Pd selaku Kepala SMKN 1 Sumberasih pada saat membuka acara wisuda.

Dimulai pukul 07:30 WIB, acara wisuda dibuka dengan persembahan nyanyian kontemporer dari anak-anak Paduan Suara "Gema Karya Asih" SMK Negeri 1 Sumberasih. Acara dibuka dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur'an, lalu setelah itu dilanjutkan oleh prosesi rangkaian acara wisuda dibuka oleh pembawa acara dengan mengundang para hadirin untuk berdiri menyambut datangnya rombongan kepala sekola beserta staff selaku Pimpinan Sidang Wisuda. Satu pleton dari paskibraka SMK Negeri 1 Sumberasih membuka lorong karpet merah di dalam ruang wisuda dengan membawa bendera merah putih beserta panji-panji Program Keahlian. Setelah lorong dibuka dengan pasukan pengiring bendera, maka rombongan Kepala Sekolah diikuti Waka Kurikulum, Waka Humas dan keempat Ketua Program Keahlian memasuki ruang sidang. Paduan suara memberikan persembahan latar belakang berupa lagu Padamu Negeri, dan Hymne Guru mengiringi rombongan tersebut.

Setelah Kepala Sekolah beserta rombongan sampai di ruang sidang, dilanjutkan dengan acara ordo kebangsaan yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Mengheningkan Cipta. Kemudian ketok palu sebanyak tiga kali mengakhiri kata pembukaan oleh Kepala Sekolah. Riuh tepuk tangan dari para wisudawan beserta tamu undangan bersemangat pada saat itu.

Tepat pukul 08.45, prosesi wisuda dilakukan diawali dari peserta didik program keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) sebanyak 2 kelas, dilanjutkan dari program keahlian Teknik Instalasi dan Teknik Listrik (TITL) sebanyak satu kelas saja, dilanjutkan lagi program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) sebanyak 2 kelas dan yang terakhir dari program keahlian Multimedia (MM) sebanyak 1 kelas. Diiringi paduan suara yang melantunkan lagu-lagu nasional menambah hikmatnya prosesi wisuda. Para wisudawan naik keatas panggung wisuda dengan bersalaman kepada Kepala Sekolah dan Ketua Progli masing-masing. Dalam prosesi wisuda tersebut, para wisudawan mendapatkan sebuah tabung berlogokan SMK Negeri 1 Sumberasih yang merupakan lambang dari pemberian ijasah kelulusan yang diberikan langsung oleh Ketua Progli masing-masing, kemudian dilanjutkan dengan pengalungan Gordon wisuda oleh kepala sekolah yang melambangkan kelulusan dari masing-masing wisudawan secara sah dan berketetapan administrasi. Sebuah jepretan dokumentasi dengan kepala sekolah yang mungkin akan menjadi kenangan sekali seumur hidup bagi wisudawan saat setelah melaksanakan prosesi wisuda tersebut membuat para wisudawan mengembangkan senyum mereka di hadapan kamera. Setelah itu baru penutupan sidang wisuda oleh Pimpinan Sidang yaitu Kepala SMK Negeri 1 Sumberasih sambil mengetok palu 3 kali dan dilanjutkan para pimpinan wisuda beserta rombongan turun dari panggung wisuda dan kembali keposisi duduk yang telah disediakan.

Prosesi wisuda berakhir sampai dengan pukul 09.40 WIB, kemudian dilanjutkan sambutan dari Bapak Kepala Sekolah. Kemudian sambutan Pengawas Sekolah sebagai wakil dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Wilayah Probolinggo. Setelah itu acara pelepasan burung merpati bersama-sama dengan dihadiri Bapak Camat, Bapak Kapolsek Sumberasih, Pengawas Sekolah, Komite Sekolah dan Bapak Kepala Sekolah sebagai simbol melepaskan siswa-siswa yang diwisuda tersebut untuk siap kerja, siap berkarir dan siap menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Lalu acara lepas atribut sekolah antara Ketua Komite Sekolah dengan Bapak Sekolah dimana perwakilan wisudawan adalah Ananda Eva dan Usman, dilanjutkan dengan pembacaan panca prasetya alumni yang dibawakan oleh Ananda Tari dan Moh. Awes dan diikuti oleh seluruh wisudawan. 

Baru acara terakhir ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Ainul Yaqin, S.Pdi, M.Pd salah satu guru pendidikan agama Islam SMK Negeri 1 Sumberasih dipanjatkan kehadirat Allah Yang Maha Esa dengan suasana yang khusyuk.

Dengan berakhirnya doa bersama masih belum usai acara dari wisuda ini masih ada acara yg lebih bermakna dan mendalam yakni BHAKTI ASIH yaitu Acara bhakti seorang anak kepada orang tua dengan memohon ampunan sambil duduk dibawah orang tuanya masing-masing dan membasuh kedua kaki mereka sebagai bhakti mereka kpd orangtuanya. Banyak sekali para wisudawan yang terisak menangis, juga orang tua mereka turut dalam suasana haru sambil meneteskan air mata yang berlinang, acara tersebut diiringi bacaan puisi oleh Waka Kesiswaan Ibu Anugerah Wahyu SZ, S. Pd sambil diiringi lantunan irama musik yang syahdu nan haru. Acara bhakti asih ini berakhir hingga jam 11.00. Wisudawan keluar bersama orang tua masing-masing menuju ke lapangan tengah SMK Negeri 1 Sumberasih untuk melakukan sesi foto bersama pimpinan sekolah. Juga ada tempat sesi foto khusus yang disediakan oleh Siswa-Siswa Multimedia dengan tujuan memberikan kesempatan para wisudawan berpose dengan orang tuanya atau teman-teman terdekatnya.

Selamat untuk kelulusan kalian, wisuda merupakan salah satu pintu gerbang kalian menuju jenjang kehidupan selanjutnya, perjuangan kalian masih panjang terus bersemangat seperti semangat, budaya serta nilai-nilai yang dapat kalian ambil selama di SMK Negeri 1 Sumberasih. Meskipun telah menjadi alumni, nama almamater SMK Negeri 1 Sumberasih akan terus mengiringi kalian dalam segala upaya yang kalian lakukan untuk kehidupan yang lebih baik dan meraih kesuksesan kalian yang barokah. Salam SMKasih.

Hubungi Kami

  • Hot line: (0335)435952
  • Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Address: Jl. Brawijaya No. 78 Lemahkembar
    Kecamatan Sumberasih - Probolinggo 67251

MEDSOS

We're on Social Networks. Follow us & get in touch.