Pada tanggal 18 April 2024, suasana kehangatan dan keakraban memenuhi lapangan SMKN 1 Sumberasih saat acara Halal Bi Halal digelar. Acara yang menjadi tradisi tahunan ini diawali dengan kehadiran para siswa yang berkumpul untuk bermaaf-maafan dan saling memaafkan setelah menjalani liburan sekolah.

Tak hanya siswa, para guru pun turut memeriahkan acara tersebut dengan menyambut siswa-siswi mereka dengan senyuman dan pelukan hangat. Kegiatan Halal Bi Halal kali ini juga menjadi lebih istimewa dengan kehadiran seorang ustad terkemuka, KH. Mas Ismail Hafidz, yang diundang untuk memberikan ceramah singkat tentang pentingnya silaturahmi dan persaudaraan dalam agama Islam.

Acara Halal Bi Halal di SMKN 1 Sumberasih tidak hanya menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan di antara siswa dan guru, tetapi juga sebagai momen refleksi dan pengingat akan nilai-nilai kebersamaan dan toleransi yang harus terus dijaga dalam kehidupan sehari-hari.

penyaluran-zakat-1445-HPada tanggal 5 April 2024, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMKN 1 Sumberasih mengadakan kegiatan pembagian zakat sebagai bagian dari program sosial mereka. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu di sekitar wilayah sekolah. Dengan kolaborasi antara para siswa, guru, dan pihak sekolah, zakat yang terkumpul dikemas dalam bentuk paket sembako yang berisi bahan makanan pokok dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Dalam kegiatan ini, OSIS SMKN 1 Sumberasih menunjukkan komitmennya dalam berbagi kepada sesama dengan menggalang dana zakat dari siswa-siswi dan warga sekolah lainnya. Tidak hanya sekadar memberikan bantuan materi, kegiatan ini juga bertujuan untuk memupuk rasa kepedulian sosial dan empati di antara anggota komunitas sekolah. Para siswa yang terlibat dalam kegiatan ini belajar untuk menjadi agen perubahan yang peduli terhadap kebutuhan masyarakat sekitar.

Melalui kegiatan pembagian zakat ini, OSIS SMKN 1 Sumberasih berhasil menyalurkan bantuan kepada puluhan keluarga yang membutuhkan di sekitar wilayah sekolah. Tindakan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi penerima zakat tetapi juga memperkuat rasa solidaritas dan kebersamaan di antara anggota komunitas sekolah. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah lainnya untuk turut serta dalam upaya kemanusiaan dan pengentasan kemiskinan.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) SMKN 1 Sumberasih merupakan salah satu momen penting dalam pendidikan kejuruan, di mana siswa dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang mereka pelajari selama masa pendidikan. Pelaksanaan UKK di SMKN 1 SUmberasih dimulai 26 Februari hingga 4 Maret 2024, berbagai Kompetensi Keahlian di sekolah-sekolah melaksanakan UKK, termasuk Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), dan Multimedia (MM).

Berdasarkan data, jumlah siswa yang melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian(UKK) total 168 siswa. untuk kompetensi kehalian RPL sebanyak 68 siswa, untuk kompetensi kehalian MM 68 siswa, sementara TKRO dan TITL masing-masing 72 siswa dan 59 siswa yang mengikuti ujian. Keterlibatan siswa dalam jumlah besar menunjukkan keseriusan mereka dalam mengukur kemampuan serta potensi yang dimiliki dalam bidang keahlian yang dipilih.

Tidak hanya melibatkan siswa, pelaksanaan UKK juga melibatkan penguji eksternal dari berbagai lembaga dan perusahaan terkemuka seperti PT. KTI, AMIK Taruna, Onlenkan, CV Jaya Deras, Ogy Colective Studio, dan CV. Sukarji Teknik Mandiri. Keterlibatan penguji eksternal ini tidak hanya memberikan validitas terhadap hasil ujian, tetapi juga memberikan gambaran yang lebih nyata terkait dengan tuntutan dan standar industri saat ini.

Pola pelaksanaan UKK menggunakan metode mandiri, di mana sekolah bekerja sama dengan mitra dunia kerja menggunakan instrumen yang disusun oleh Pemerintah Pusat. Hal ini menekankan pentingnya kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri dalam menghasilkan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Dengan demikian, pelaksanaan UKK bukan hanya sekadar ujian akademik, tetapi juga merupakan wujud dari integrasi antara pendidikan dan dunia kerja yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dan siap bersaing di era global.

Pada tanggal 19 Februari 2024, telah dilaksanakan Verifikasi Alat Uji Kompetensi Keahlian (UKK) untuk beberapa jurusan diantaranya Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kendaraan Ringan, dan Multimedia.

Read more: Verifikasi TUK 2024

Pendidikan bukan hanya tentang peningkatan kognitif, tetapi juga melibatkan pembentukan karakter dan nilai-nilai positif yang membantu siswa berkembang menjadi individu yang produktif dan berkontribusi pada masyarakat. Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk lingkungan yang mendukung pertumbuhan holistik peserta didik.

Read more: Diseminasi Budaya Positif ke Sekolah Sekitar

Sabtu, 10 Oktober 2020 merupakan hari yang sangat menggembirakan bagi SATURASI FILM (sebutan komunitas pencinta film siswa/siswi SMKN SUmberasih) karena berhasil meraih prestasi harapan I  bidang lomba film pendek tingkat pelajar se- Jawa TImur yang diselenggarakan oleh HIMAPIF TRUNOJOYO dengan tema lomba "LITERASI".

saturasi film mengangkat ide cerita tentang kehidupan pasar dimasa pandemi Covid 19 tepatnya di pasar ambulu probolinggo, kegiatan pasar yang semula beroperasi mulai pukul 04.30 sampai jam 12:00 kini berakhir hanya sampai pukul 7.30. hal ini terjadi secara spontanitas pembeli takut terhadap program pemerintah daerah yang mewajibkan penjual dan pembeli harus melakukan rapid test di lokasi pasar. Dalam pemikiran warga pasar jika melakukan rapid test pasti akan divonis positif, karena mereka menganggap kegiatan rapid test ini adalah trik petugas agar anggaran dari pemerintah pusat bisa turun ditambah lagi informasi HOAX yang banyak beredar orang yang terinfeksi virus Covid 19 di ruang isolasi dibiarkan saja tanpa ada perawatan oleh petugas. 

Kurangnya informasi dan berita hoax warga pasar inilah yang menarik bagi team saturasi film untuk dijadikan ide cerita pada lomba yang diadakan oleh HIMAPIF TRUNOJOYO.

Terima Kasih kepada semua pihak yang telah mendukung film yang berjudul AMBULU karena selain dari keputusan dewan juri juga semua viewer dan  like di youtube.

Hubungi Kami

  • Hot line: (0335)435952
  • Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Address: Jl. Brawijaya No. 78 Lemahkembar
    Kecamatan Sumberasih - Probolinggo 67251

MEDSOS

We're on Social Networks. Follow us & get in touch.